--> Rangkuman Tema 5 Subtema 1 Komponen Ekosistem dan Latihan Soal | Info Media

Sumber informasi Edukasi, Motivasi dan Inpirasi Kehidupan

Powered by Blogger.

Saturday, January 2, 2021

Rangkuman Tema 5 Subtema 1 Komponen Ekosistem dan Latihan Soal

| Saturday, January 2, 2021

Rangkuman Materi  Tema 5 Subtema 1 Komponen Ekosistem dan Latihan Soal Kurikulum 2013

Rangkuman ini kami usahakan berpedoman pada pada kurikulum 2013 Edisi revisi terbaru. Sehingga  Rakuman Materi kurikulum ini bisa di gunakan oleh siapaun dan kapanpu. 



Cakupan Materi Kelas 5 Tema 5 subtema 1 Komponen Ekosistem

Sebagai gambaran Adek-adek semua agar paham apa saja yang dipelajari pada Tema 5 subtema 1 mengenai komponen ekosistem. Kami sampaikan sebagai berikut.

a. PPKn : 3.4 Menggali manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan hidup. Untuk KD ini ada pada pembelajaran ke-3, 4 dan 6.

b. Bahasa Indonesia : 3.7 Menguraikan konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi. Untuk KD yang satu ini bisa dijumpai di setiap pembelajaran. Dengan kata lain KD 3.7 ini untuk mupel bahasa Indonesia ada di tiap pembelajaran di subtema 1 ini.

c. Ilmu Pengetahuan Alam :  3.5 Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar. Untuk KD ekosistem dan jaring jaring makanan bisa di pembelajaran ke-1, 2 dan 5.

d. Ilmu Pengetahuan Sosial : 3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan /maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi, serta transportasi. Sedangkan untuk KD yang ini bisa didapati pada pembelajaran ke

e. Seni Budaya dan Prakarya : 3.2 Memahami tangga nada

Materi 1 PKN Menggali Manfaat Persatuan dan kesatuan

Peristiwa Sumpah Pemuda

1. Sumpah Pemuda merupakan salah satu peristiwa penting dalam sejarah nasional Indonesia. Peristiwa ini makin menyadarkan masyarakat Indonesia yang kala itu berada di bawah penjajahan Belanda, terhadap pentingnya persatuan dan kesatuan untuk melawan penjajah

2. Kesadaran akan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa mendorong para pemuda dari berbagai suku bangsa yang ada di Indonesia untuk mengambil tindakan patriotisme. 

3. Situasi penjajahan Belanda yang diwarnai dengan larangan melakukan kegiatan organisasi, mendorong para pemuda berdatangan dari berbagai penjuru Indonesia untuk berkumpul di Jakarta. Kongres Pemuda  yang diadakan pada tanggal 27 dan 28 Oktober 1928 melahirkan peristiwa 
Sumpah Pemuda. Peristiwa ini menginspirasi seluruh lapisan masyarakat  Indonesia terhadap pentingnya persatuan dan kesatuan.

4. Pada saat itu, para pemuda yang berbeda suku, adat, dan bahasa bertekad untuk bersatu dengan membacakan sebuah sumpah. Sumpah ini merupakan janji pemuda mewakili masyarakat Indo-nesia untuk bersatu membentuk sebuah negara merdeka yang bebas dari penjajahan.  

5. Isi sumpah  tersebut sebagai berikut:
Pertama: Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia. 
Kedua: Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa  Indonesia.
Ketiga: Kami Putra dan Putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

6. Selain mengucapkan ikrar, pada saat itulah pertama kalinya Lagu Indonesia 
Raya diperdengarkan. 

7. Lagu yang diciptakan oleh Wage Rudolf Supratman (WR Supratman) ini meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa di kalangan pemuda untuk segera membentuk sebuah negara yang merdeka dan berdaulat. Setelah merdeka, Lagu Indonesia Raya me jadi lagu kebangsaan 
Indonesia.

Usaha Mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

 1. Budi Utomo berdiri pada tanggal 20 Mei 1908. Organisasi itu berdiri berdasarkan pemikiran seorang lulusan sekolah dokter Jawa (STOVIA) bernama dr. Wahidin Sudirohusodo dan  Sutomo .

2. Perjuangan dr. Wahidin Soedirohoesodo dan dr. Soetomo adalah berusaha  membangkitkan kesadaran masyarakat Indonesia kala itu terhadap pentingnya  persatuan dan kesatuan bangsa tanpa perlu mempermasalahkan perbedaan  agama dan suku. 

3.  Kebangkitan pemuda Indonesia, ditandai dengan peristiwa Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928.  Pada kenyataannya, semangat persatuan dan kesatuan selalu mendapatkan tantangan. Tantangan ini berupa perlawanan dari bangsa asing maupun tantangan dari warga negara Indonesia yang tidak menginginkan persatuan bangsa.  

Materi 2  Menguraikan konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi.

Teks nonfiksi adalah teks yang berisikan hasil pengamatan, data-data, dan fakta serta bukan merupakan hasil imajinasi kita. 

Materi 3  karakteristik geografis Indonesia

a. Mengenal Letak Geografis Indonesia

1. Letak geografis sebuah daerah atau negara dibatasi oleh letak geografis daerah atau negara lain yang berbatasan.  

2. Indonesia terletak di antara dua benua, yaitu Benua Asia dan Benua Australia. Demikian juga Indonesia terletak di antara dua samudra, yaitu Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia berbatasan langsung dengan beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam, Papua Nugini, dan Australia. Letak geografis Indonesia dianggap strategis karena menjadi tempat 
persilangan antara dua benua dan dua samudra.  

3.Negara Indonesia merupakan negara kepulauan. Terdapat lebih dari 17.000 pulau berukuran besar dan kecil berada di wilayah Indonesia. Dari sejumlah pulau tersebut, sekira 6.000 pulau tidak berpenghuni. Beberapa pulau besar di Indonesia antara lain Pulau Jawa, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, dan Papua. Sementara itu beberapa pulau kecil  yang berada di wilayah Indonesia antara 
lain Pulai Nias, Siberut, Bangka, Belitung, Madura, Bali, Lombok, Flores, Ambon, dan Halmahera.  

Indonesia sebagai Negara Maritim dan Agraris

1. Indonesia memiliki kondisi geografis yang unik di antara negara-negara yang 
ada di kawasan Asia Tenggara. 

2. Bentuk negara yang terdiri atas pulau-pulau seperti Indonesia, disebut negara 
kepulauan. Negara kepulauan merupakan salah satu ciri dari negara maritim. 

3. Negara maritim adalah negara yang memiliki luas laut lebih besar dibandingkan 
dengan luas daratan yang terdiri atas pulau-pulau.  Oleh karena itu, penduduk 
yang tinggal di negara maritim banyak memanfaatkan sumber daya kelautan 
untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

4. Negara agraris adalah negara yang sebagian besar penduduknya bekerja sebagai petani yang mengolah lahan pertanian. Sebagai negara agraris, tentu saja negara Indonesia memiliki lahan.

Materi 4 : Memamahami materi ekosistem

1. Semua makhluk hidup memerlukan lingkungan tertentu untuk memenuhi kebutuhannya

2.  Lingkungan adalah segala sesuatu yang berada di sekitar makhluk hidup. Sebuah lingkungan terdiri atas bagian yang hidup (biotik) dan bagian tak hidup (abiotik)

3.  Interaksi antara makhluk hidup dan benda-benda tak hidup di sebuah lingkungan disebut ekosistem

4. Ekosistem tersusun atas individu, populasi, dan komunitas.

5. Individu adalah makhluk hidup tunggal, misalnya seekor kambing, seekor burung, dan sebuah pohon cemara.

6. Populasi adalah kumpulan individu sejenis yang menempati suatu daerah tertentu. Contoh, di sebuah kolam, terdapat populasi ikan, populasi tumbuhan teratai

7.   Komunitas adalah populasi makhluk hidup di suatu daerah tertentu. Contoh komunitas adalah 
komunitas sungai dan komunitas padang rumput.

8. Ekosistem yang ada di dunia dibagi menjadi dua, yaitu ekosistem alami dan ekosistem buatan.

9.  Ekosistem alami terdiri atas ekosistem air dan  ekosistem darat


c. Daur Hidup Hewan

1.  Tahapan pertumbuhan dan perkembangan suatu hewan disebut daur hidup.

2. Berdasarkan perubahan bentuknya, metamorfosis dibedakan menjadi metamorfosis sempurna dan tidak sempurna

3. Metamorfosis sempurna terjadi ketika hewan mengalami perubahan bentuk yang sangat berbeda 
pada setiap tahap perkembangannya. Contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna adalah katak dan kupu-kupu.  Kupu-kupu berkembang biak dengan c



Related Posts

No comments:

Post a Comment